Senin, 22 November 2010

Salar de Uyuni di Negara Bolivia

 Salar de Uyuni


Salar de Uyuni (atau Salar de Tunupa) adalah garam terbesar di dunia flat di 10.582 kilometer persegi (4.086 sq mi). Terletak di Departemen Potosí dan Oruro di Bolivia barat daya, dekat Puncak Andes, dan meningkat 3.656 meter (11.995 kaki) di atas permukaan laut Salar ini. Dibentuk sebagai hasil dari transformasi antara beberapa prasejarah danau. Hal ini ditutupi oleh beberapa meter dari kerak garam, yang memiliki kerataan luar biasa dengan variasi ketinggian rata-rata dalam satu meter di atas daerah seluruh Salar.  
Kerak bumi berfungsi sebagai sumber garam dan mencakup kolam air garam, yang sangat kaya di lithium. Ini berisi 50 sampai 70% dari cadangan lithium dunia, yang belum diekstraksi. Daerah besar, langit cerah dan kerataan permukaan yang luar biasa membuat Salar obyek yang ideal untuk kalibrasi altimeter dari satelit pengamatan bumi. Salar ini berfungsi sebagai jalur transportasi utama di seluruh yang Altiplano Bolivia dan merupakan tempat berkembang biak utama untuk beberapa jenis flamingo pink.

Pemandangan Terindah di Salar de Uyumi


geologi dan iklim
salar ini terdiri dari berbagai lapisan garam dan air

iklim berubah - ubah 


Salar de Uyuni adalah bagian dari Altiplano Bolovia di Amerika Selatan. The Altiplano adalah dataran tinggi, yang dibentuk selama pengangkatan pegunungan Andes. dataran tinggi ini termasuk danau segar dan air laut serta flat garam dan dikelilingi oleh pegunungan tanpa outlet drainase.

Sejarah Geologi dari Salar dikaitkan dengan transformasi berurutan antara beberapa danau besar. Beberapa 30,000-42,000 tahun yang lalu, daerah itu adalah bagian dari sebuah danau raksasa prasejarah, Danau Minchin. Usia diperkirakan dari radiokarbon kerang dari sedimen outcropping dan terumbu karbonat dan bervariasi antara studi yang dilaporkan. Danau Minchin (bernama setelah Juan B. Minchin dari Oruro [9]) kemudian diubah menjadi Tauca paleolake memiliki kedalaman maksimal 140 meter (460 kaki), dan diperkirakan berusia 14,900-26,100 13,000-18,000 atau tahun tergantung pada sumber .

Danau Prasejarah Bungsu Coipasa, yang radiokarbon tanggal ke 11,500-13,400 tahun. Ketika kering, itu tertinggal dua danau modern, Poopó Danau dan Uru Uru Danau, dan dua gurun garam utama, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni yang lebih besar. Salar de Uyini menyebar lebih dari 10.582 kilometer persegi (4.086 sq mi), yang kira-kira 25 kali ukuran Bonneville Salt Flats di Amerika Serikat. Danau Poopó merupakan tetangga danau Titicaca jauh lebih besar. Selama musim hujan, Titicaca kelimpahan dan pembuangan ke Poopó, yang, pada gilirannya, banjir Salar De Coipasa dan Salar de Uyuni.

Di bawah permukaan Salar adalah danau air garam 2 sampai 20 meter ( 7 sampai 66 kaki ) dalam.  Air garam adalah larutan jenuh garam meja, lithium klorida dan magnesium klorida dalam air. Hal ini ditutupi dengan kerak garam padat dengan ketebalan bervariasi antara puluhan cm untuk beberapa meter. Pusat Salar berisi "pulau" sedikit, yang merupakan sisa-sisa puncak gunung berapi kuno yang terendam selama era danau Minchin. Mereka mencakup struktur yang tidak biasa dan rapuh seperti karang dan deposito yang sering terdiri dari fosil dan ganggang.

Daerah ini memiliki temperatur rata-rata yang relatif stabil dengan puncaknya pada 21 ° C ( 70 ° F  pada bulan November-Januari dan terendah 13 ° C ( 55 ° F ) pada bulan Juni. Namun demikian malam-malam dingin sepanjang tahun dengan suhu antara -9 dan 5 ° C ( 16 dan 41 ° F ). Kelembaban relatif agak rendah dan konstan sepanjang tahun sebesar 30-45%. curah hujan ini juga rendah pada 1-3 milimeter ( 0,039-,12 dalam ) per bulan antara April dan November, tetapi mungkin meningkat hingga 70 milimeter ( 2,8 in ) pada bulan Januari. Namun, kecuali untuk bulan Januari, bahkan di musim hujan jumlah hari hujan di bawah 5 per bulan.
.


Pengaruh Ekonomi
garam produksi di Salar.


Produksi Garam
 

Salar adalah garam datar dalam bahasa Spanyol dan Uyuni berasal dari bahasa Aymara dan berarti pena (kandang). Jadi Salar de Uyuni dapat diartikan sebagai garam rata dengan lampiran, yang terakhir mungkin mengacu pada "pulau" dari Salar. Uyuni juga merupakan nama untuk sebuah kota 10.600 orang, yang berfungsi sebagai pintu gerbang bagi wisatawan yang berkunjung ke Salar.
 
Legenda Aymara mengatakan bahwa pegunungan Tunupa, Kusku dan Kusina, yang mengelilingi Salar, adalah Manusia Raksasa. Tunupa menikah Kusku, tapi Kusku lari dari dia dengan Kusina. Berduka Tunupa mulai menangis sambil menyusui anaknya. Air matanya dicampur dengan susu dan membentuk Salar itu. Banyak penduduk setempat mempertimbangkan Tunupa merupakan dewa penting dan mengatakan bahwa tempat itu harus disebut Salar de Tunupa daripada Salar de Uyuni.


Manusia Raksasa



Flora dan Fauna
Terdapat banyak jenis Kaktus dan Flaminggo



Kaktus Raksasa

James Flaminggo


Andean Flaminggo di Laguna Colorada ( Selatan Salar )


Andean Hillstar


Andean goose


Bolivian vizcacha
Culpeo


Salar hampir tanpa dari setiap kehidupan liar dan vegetasi. Yang terakhir ini didominasi oleh kaktus raksasa ( Echinopsis atacamensis pasacana, Echinopsis tarijensis, dll ). Mereka tumbuh dengan laju sekitar 1 sentimeter (0,39 in) per tahun dengan panjang sekitar 12 meter ( 39 kaki ). Semak lainnya termasuk Pilaya, yang digunakan oleh penduduk setempat untuk menyembuhkan penyakit selesema, dan Thola (Baccharis dracunculifolia), yang dibakar sebagai bahan bakar. Juga hadir adalah quinoa tanaman dan semak-semak quenua.
 

Setiap November, Salar de Uyuni adalah tempat berkembang biak untuk tiga jenis pink flamingo Amerika Selatan: dari Flamingos James Chili, Andes dan langka, warna mereka mungkin berasal dari makan pada ganggang merah muda. Ada sekitar 80 spesies burung lain yang hadir, termasuk orang bodoh bertanduk, Angsa Andean dan Hillstar Andes. Rubah Andes ( culpeo ) adalah Hewan Perwakilan, dan "pulau" dari Salar ( khususnya pulau Incahuasi, yang juga disebut Isla del Pescadores ) tuan rumah koloni viscachas kelinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar